Rabu, 24 Agustus 2011

Khasiat Buah Kolang - Kaling


http://khasiatbuah.com/wp-content/uploads/2011/04/kolangkaling.jpg
    
     Di saat bulan puasa seperti ini, akan sering kita jumpai Kolang - kaling dalam berbagai jenis menu olahan buka puasa seperti isian kolak, setup buah, manisan, atau campuran minuman dingin. Kurang lengkap rasanya jika saat buka puasa tidak dilengkapi dengan kehadiran si kolang-kaling ini.

     Yang dalam bahasa Belanda kolang - kaling biasa disebut dengan Glibbertkjes ini sebetulnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan oleh benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah dan bikin gatal. Untuk mengubahnya menjadi kolang-kaling, buah aren tersebut harus dibakar terlebih dahulu hingga hangus atau direbus selama beberapa jam. Setelah itu, dilanjutkan dengan diredam dengan air kapur selama beberapa hari hingga akhirnya biji-bijinya dapat diolah.

     Ditinjau dari sudut gizi, buah bertekstur kenyal dan berwarna putih bening ini sebetulnya tidak memiliki kandungan nutrisi yang hebat. Namun demikian, bukan berarti ia tidak bermanfaat sama sekali. Setidaknya, jika dimakan tanpa banyak menggunakan gula, kolang-kaling dapat memperlancar kerja saluran cerna, sehingga secara tidak langsung juga akan melancarkan buang air besar (BAB).

     Semoga bermanfaat.***


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...