Rabu, 07 September 2011

Khasiat Sayur : Kangkung


http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS6Iofkb4cUs5jccUbSwWdh_bAz7tp07CHM_-2bWKqd8xFzNB985mXRv7Lv1Q
     Ipomoea Aquatica Forsk atau Ipomoea Reptans Poir1 atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Kangkung, merupakan tanaman sayuran yang termasuk dalam kategori umur panjang, yakni  umurnya bisa mencapai lebih dari 1 tahun. Pertumbuhannya menjalar atau membelit pada tanaman di sekitarnya.Kangkung merupakan jenis tanaman sayuran daun dan dapat dimasukkan dalam famili Convolvulacea. Daun kangkung berukuran panjang dan berwarna hijau keputih-putihan.

     Terdapat dua jenis kangkung, yakni pertama Kangkung Rabut, dengan daun licin dan berbentuk mata panah yang berwarna hijau pucat, dan bunganya berwarna putih dengan bentuk kantung yang mengandung empat biji benih; dan yang kedua Kangkung Petik, dengan daun lebar dan tirus berwarna hijau kelam serta bunga berwarna putih keunguan.

     Bagi sebagian besar masyarakat mungkin menganggap kangkung hanya sebagai sayuran untuk pakan ternak kelinci atau marmu.Namu, berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Kangkung memiliki banyak manfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan sebagai antiracun.Beberapa kandungan unsur vitamin dan mineral yang terdapat dalam kangkung antara lain ; vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol.

     Semoga bermanfaat.***


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...