Rabu, 05 Desember 2012

Penyebab Gusi Berdarah Saat Menyikat Gigi


Gejala gusi berdarah saat menyikat gigi dapat memang dapat menandakan adanya suatu penyakit, namun juga bisa terjadi pada kondisi yang normal atau sehat. Teknik menyikat gigi atau cara menggunakan benang pembersih gigi (dental floss) yang salah juga dapat menyebabkan perdarahan gusi.

Kemungkinan-kemungkinan penyebab dari perdarahan gusi pada saat menyikat gigi adalah :
- Gangguan sistem pembekuan darah.
- Penyikatan gigi yang terlalu keras atau cara penggunaan dental floss yang salah.
- Infeksi gusi atau gigi.
- Perubahan hormon saat kehamilan
- Scurvy / sariawan
- Kondisi kekurangan Vitamin K.

Apabila gejala ini sudah berlangsung lebih dari 3 minggu atau perdarahan yang dialami cukup banyak, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter gigi. Pada kondisi normal pun, disarankan tiap 6 bulan sekali periksa ke dokter gigi untuk membersihkan plak yang menempel di permukaan gigi.

Gunakanlah sikat gigi yang mempunyai bulu sikat lembut. Hindarilah produk mouthwash yang mengandung alkohol, karena produk ini dapat memperparah gejala yang sedang dialami. Penggunaan benang pembersih gigi (flossing) sebanyak 2 kali sehari juga dapat membantu untuk membersihkan timbunan plak.

Hal-hal lain yang juga dapat dilakukan guna mencegah perdarahan gusi saat menyikat gigi adalah untuk menghindari kebiasaan merokok. Hindari juga pemakaian obat-obatan yang dapat menghambat faktor pembekuan darah seperti aspirin dan sejenisnya. Apabila terjadi perdarahan, kita dapat mencoba menghentikan perdarahan tersebut dengan menekannya dengan kapas yang dibasahi dengan air dingin selama 15 menit.

Sumber

6 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...