Senin, 07 November 2011

5 Element Penting Dalam Tubuh Yang Membutuhkan Mineral




     Dalam tubuh kita ada 5 element penting yang berpengaruh dan berperan dalam kehidupan sehari - hari akan kebutuhan mineral.Yang akan mempunyai efek samping bila kita kurang mengkonsumsinya.5 element tersebuat diantaranya yaitu ;

Darah :


Darah membutuhkan mineral untuk menjaga keseimbangan asam dan basa. Tubuh yang sehat akan bersifat sedikit basa dengan pH berkisar antara 7,0 sampai 7,4. Kekurangan mineral akan menyebabkan darah menjadi asam. Bila darah bersifat asam, penyakit mudah menyerang, termasuk penyakit kanker. Selain mineral, stres juga dapat menyebabkan darah menjadi asam. Stres membuat nafas menjadi pendek dan tidak dalam, sehingga O2 berkurang dan CO2 menumpuk di dalam darah karena tidak dikeluarkan melalui nafas yang panjang dan dalam.

 Tulang :

Kekurangan mineral juga akan menyebabkan tulang menjadi keropos atau yang dalam kedokteran di sebut sebagi osteoporosis, yang dimulai dari pergelangan kaki, kemudian naik ke lutut, dilanjutkan ke tulang paha. Setelah itu, naik ke tulang belakang yang dapat menyebabkan bongkok.

Sumsum Tulang:

Sumsum tulang juga membutuhkan mineral. Bila mineral kurang, sumsum tulang juga akan berkurang, sehingga pembentukan darah merah dan darah putih akan berkurang. Hal ini dapat menyebabkan anemia ( kurang darah ) dan leukemia ( kanker darah ).

Otot:

Otot juga membutuhkan mineral. Bila mineral berkurang, otot akan menjadi pegal-pegal dan tidak bertenaga. Efeknya yang jelas adalah orang akan merasa lelah dan malas bergerak.

Saraf:

Kekurangan mineral juga akan mempengaruhi saraf. Orang yang kekurangan mineral, selain menderita osteoporosis, tangannya juga mulai sering bergetar, yang menjadi tanda-tanda awal gejala Parkinson.
Selain itu, juga bisa muncul gejala lain.


     Semoga bermanfaat.***

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...