Rabu, 06 Juni 2012

Manfaat Yoga Bagi Kesehatan

Ghiboo.com - Kini Yoga semakin digemari banyak orang sebagai alternatif untuk melakukan latihan fisik. Yoga tak hanya meningkatkan kelenturan, kekuatan dan keseimbangan tubuh. Namun ternyata banyak manfaat lain yang bisa diperoleh melalui rutin melakukan Yoga.

Menurunkan Stres

Menurut National Center for Complementary and Alternative Medicine, yoga mencegah berbagai jenis gangguan neurologis, seperti membantu pasien dalam melawan gejala gangguan saraf seperti sakit kepala akut, depresi, gangguan psikologis dan sebagainya.

Penelitian dalam Psychosomatic Medicine journal ini juga mengungkapkan bahwa wanita, bahkan pemula, yang berlatih Hatha Yoga (latihan yang berfokus pada penyatuan pernafasan dan olah tubuh) dapat meningkatkan hormon bahagia dengan mengurangi tingkat stres.

Menyembuhkan Asma

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan ke-56 American College of Sport Medicine (ACSM) di Seattle menunjukkan bahwa setelah 10 minggu latihan Yoga, pasien dewasa penderita asma dapat meningkat kualitas hidupnya, dan bisa mengurangi gejala asma.

Menormalkan Berat Badan

Hasil penelitian yang dilakukan peneliti Fred Hutchinson Cancer Research Center di Settle menunjukkan jika Yoga juga membantu meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, juga menyeimbangkan berat badan ketika Anda mencapai usia paruh baya. Peneliti melakukan penelitian dengan meminta partisipan overweight untuk Yoga selama satu dekade, dan ternyata berhasil membuat berat badan kembali normal.

Memerangi rasa lelah bagi pasien kanker

Penelitian menunjukkan bahwa penderita kanker yang ikut latihan yoga dapat menaikkan kualitas tidurnya dan melawan rasa lelah. Tak sekedar mengurangi stres, yoga juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jenis yoga, seperti Thus Yoga, amatlah dianjurkan bagi penderita kanker dan perlu dikombinasikan dengan latihan pernapasan restotratif untuk membantu memperbaiki pola tidur mereka

Sumber : Yahoo She

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...