Sabtu, 21 Januari 2012

Cara Merawat Kutikula Kuku




     Perawatan kuku harus dilakukan secara menyeluruh. Jangan hanya fokus terhadap kuku, tapi juga lakukan perawatan terhadap kutikula, yaitu kulit yang mengeras di sekeliling kuku.Kutikula memiliki ‘pekerjaan berat’. Fungsinya sebagai pelindung akar kuku, serta mencegah bakteri menyelinap masuk dan memicu infeksi pada kuku. Sangat penting merawat kutikula. Kuku yang indah berawal dari kutikula yang sehat.
Ingin tahu merawatnya? Begini caranya:

1. Bersihkan cat kuku
Jika cat kuku mulai mengelupas dan sudah lama menempel di jari-jari, bersihkan segera. Sebaiknya gunakan cairan pembersih cat kuku yang tidak mengandung aseton. Aseton adalah bahan kimia keras yang bisa membuat tangan dan kuku kering.

2. Lembabkan kuku
Setelah cat kuku dibersihkan, oleskan pelembab pada kuku. Anda bisa menggunakan body lotion atau hair conditioner. Fungsinya, untuk melembutkan kutikula kuku yang mengeras. 

3. Rendam air hangat
Rendam tangan Anda selama beberapa menit dalam air hangat untuk membuat kulit dan kuku lebih lembut. Setelah beberapa menit, keringkan dan oleskan minyak zaitun pada kuku-kuku dan berikan pijatan perlahan.

4. Rapikan kutikula
Setelah direndam air dan diberi minyak, kutikula akan menjadi lebih lembut. Dalam tekstur yang masih lembut, masukkan kutikula yang keluar ke dalam kuku, untuk menghindari tertarik dan menyebabkan luka serta rasa sakit. Jangan potong kutikula yang keluar dari kuku kare fungsinya melindungi kuku dari infeksi.


Dikutif dari ; infoanak.com


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...